JALAN SEMPIT DI KOTA PENDIDIKAN

Oleh ;  rufi anvara

‘’Malang kota pendidikan’’, demikinlah program yang telah dideklarasikan oleh pemerintah kota Malang, mengembangkan Tri  Bina Cita, yaitu memantapkan Malang sebagai kota pendidikan.

Disamping itu Malang, adalah kota terbesar ke dua di Jawa Timur setelah Surabaya, baik dalam wilyah ataupun populasi. Letak yang sangat setrategis, terhampar didaerah yang subur, daerah pegunungan dengan hawa yang sejuk dan iklim yang bersahabat menjadikan Malang sebagai kota yang setrategis untuk tempat belajar yang nyaman, asri, dan menyenangkan.

Namun,jalan akses yang menghubungkan kampus satu dengan kampus lainnya, kelihatannya masih kurang diperhatikan oleh pemerintahan setempat.

Dengan letak kampus yang cukup berdekatan, ini membuat  jalur akses di kota pendidikan menjadi ramai,bahkan sering mengalami kemacetan di beberapa jalan, khususnya diwaktu pagi hari dan sore hari, ketika para Pelajar/Mahasiswa berhilir mudik  dari kamusnya masing-masing.

Aktifitas seperti ini sering kita jumpai ketika kita melintas di Jalan MT.Haryono dan Jalan Gajahyana, krena jalan ini yang menjadi jalur vital, yang menghubungkan atara kampus satu dengan kampus lainnya, yaitu Universitas Muhammadiah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Gajayana, Universitas Isam Negri Malang (UIN), Universitas Brawijaya (UNIBRAW), ITN, dan Universitas Negri Malang (UM).

Walaupun banyak Gang dan jalan-jalan alternative, yang bisa untuk menuju beberapa kampus, yaitu jalan Simpang MT.Haryono yang melewati kampus Universitas Gajayana, dan jalan-jalan alternative lainnya, ternyata belum bisa mengurangi/melengahkan jalan MT .Haryono dan jalan Gajayana tersebut.

Kurangnya  polantas yang bertugas, yang berada di titik-titik rawan kemacetan atau di persimpngan, juga menjadi salah satu faktor terjadi kemacetan dan sekaligus menjadi sebuah pertanyaan bagi pengguna jalan MT.Haryono dan jalan Gajayana, khususnya pada waktu pagi dan sore hari.

Sementara hanya mengandalkan lampu rambu-rambu lalulintas.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s