RPP SMP VIII/Genap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Mata Pelajaran       : Matematika

Jenjang                    : SMP

Kelas/ Semester       : VIII/ GENAP

Alokasi waktu         : 3 x Pertemuan ( 7 Jam )

 

 

A.    Standar Kompetensi

 

  1. Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis, dan sistem persamaan, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

 

Menemukan sifat-sifat persamaan garis lurus

 

  1. C.    Indikator
    1. Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
    2. Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius.
    3. Mengenal pengertian menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk.

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk variabel.
    2. Siswa dapat menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
    3. Siswa dapat mengenal pengertian dan menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk.

 

E.     Materi Pokok

Persamaan garis lurus

 

F.     Metode Pengajaran

Kombinasi pembelajaran aktif  tipe Quis team dan pemberian tugas.

 

G.    Strategi Pembelajaran

 

Pertemuan 1

 

  1. Pendahuluan
    1. Guru bersama-sama mendiskusikan tentang koordinat.
    2. Guru mengkonfirmasikan model pembelajaran yang akan digunakan
    3. Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dasar.

 

  1. Kegiatan Inti
    1. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan persamaan garis lurus
    2. Guru memberi contoh garis lurus dalam kehidupan sehari-hari, kemudian siswa diminta mencari contoh garis lurus yang lain.
    3. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (kelompok A,B,C) untuk mendiskusikan materi yang telah ditentukan guru.
    4. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.
    5. Kelompok A memberikan pertanyaan untuk dijawab kelompok B dan C,begitupun seterusnya.
    6. Guru memberikan soal kepada siswa.

 

  1. Penutup
    1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi .
    2. Guru memberi PR.

 

Pertemuan 2

  1. Pendahuluan
  1. Guru membahas PR yang sukar.
  2. Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan .
  3. Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dasar.

 

  1. Kegiatan Inti
  1. Guru mengenalkan tentang koordinat Cartesius.
  2. Guru meminta agar siswa berkelompok .
  3. Guru menggambarkan beberapa macam garis pada bidang Cartesius.
  4. Secara berkelompok menuliskan persamaan masing-masing garis.
  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya, kelompok lain menanggapi.
  6. Guru memberi soal-soal yang dikerjakan secara individu, dan guru membimbing siswa jika di perlukan.

 

  1. Penutup
  1. Guru meminta siswa membuat rangkuman materi pembelajaran.
  2. Guru memberi PR.

 

Pertemuan 3

Pedahuluan

  1. Guru bersama-sama siswa membahas PR yang sukar.
  2. Guru mengingatkan kembali tentang persamaan garis lurus.
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

Kegiatan Inti

  1. Siswa di beri motivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk.
  2. Guru memberi contoh tentang gradien/ kemiringan garis.
  1. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (kelompok A,B,C) untuk mendiskusikan materi yang telah ditentukan guru.
  2. Kelompok A memberikan pertanyaan untuk dijawab kelompok B dan C,begitupun seterusnya.
  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.
  1. Guru memberikan soal kepada siswa

 

 

 

 

Penutup

  1. Guru meminta siswa untuk merangkum materi
  2. Guru memberikan PR

 

  1. H.    Penilaian
    1. Aspek PK        ,           PL

Diketahui persamaan garis lurus

4 x + 2 y – 8 = 0 seperti gambar berikut

Y

Ubahlah persamaan garis itu dalam

bentuk y = mx + C

4X + 2Y – 8 = 0

X

 

 

 

 

 

 

 

  1. Aspek PK

Diketahui titik (4,0), (1, ), (2, -3), (0, -6) letakkan titik-titik tersebut pada koordinat kartesius dan gambarlah sebuah garis lurus yang melalui ke 4 titik tersebut.

  1. Aspek PK        PL       PM

Diketahui garis seperti gambar, lengkapilah tabel berikut

Y

K

 

 

 

 

Q(2,6)

Garis K

Ruas Garis

OP

OQ

OR

RP

P(1,3)

Gradien

X

0

R(-1,-3)

 

 

 

 

  1. I.       Bahan Pembelajaran
    1. Buku paket Matematika 2A semester 2
    2. Buku LKS Matematika semester 2

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                     …………………., ……………..2010

Kepala SMP                                                                 Guru Mapel

 

 

 

(……………………)                                      (…………………………….)

NIP:                                                                NIP:

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Mata Pelajaran       : Matematika

Jenjang                    : SMP

Kelas/ Semester       : VIII/ GENAP

Alokasi waktu         : 4 x Pertemuan ( 8 Jam )

 

A.    Standar Kompetensi

 

  1. Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

 

  1. B.     Kompetensi Dasar

 

4.7. Menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis lurus.

 

  1. C.    Indikator
  • Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradien tertentu
  • Menenntukan koordinat titik potong dua garis
  • Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah

 

  1. D.    Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat menentukan Gradien garis yang melalui dua titik.
    2. Siswa dapat menentukan persamaan garis melalui dua titik.
    3. Siswa dapat menentukan persamaan garis melalui 1 titik dan gradien tertentu.
    4. Siswa dapat menentukan koordinat titik potong dua garis.
    5. Siswa dapat menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah.

 

E.     Materi Pokok

Persamaan garis lurus

  • Persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dan gradien yang diketahui.
  • Koordinat titik potong dua garis.
  • Penggunaan konsep persamaan garis lurus dalam kehidupan sehari-hari

 

F.     Metode Pengajaran

Kombinasi pembelajaran aktif  tipe Quis team dan pemberian tugas.

 

G.    Strategi Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

 

  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Guru mengingatkan kembali koordinat Cartesius
    2. Guru memberi contoh kedudukan titik pada koordinat Cartesius

 

 

 

  1. Kegiatan Inti
    1. Guru menjelaskan persamaan dan koordinat titik potong dua garis lurus.
    2. Kegiatan Penutup

b.      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (kelompok A,B,C) untuk mendiskusikan materi yang telah ditentukan guru.

c.       Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.

d.      Kelompok A memberikan pertanyaan untuk dijawab kelompok B dan C,begitupun seterusnya.

e.       Guru memberikan soal kepada siswa

Merangkum bersama-sama siswa dan memberi tugas

 

Pertemuan kedua

  1. Pendahuluan

*        Guru mengingatkan :

  • Garis merupakan tempat kedudukan  titik
  • Pengertian gradien garis

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menjelaskan persamaan garis lurus dengan gradien m dan melalui satu titik tertentu ® y – y1 = m (x – x1)
  • Guru memberikan contoh dan tugas yang harus diselesaikan siswa.

 

  1. Penutup

Memberi tugas siswa merangkum dan PR

 

Pertemuan Ketiga

Kegiatan Pedahuluan

  • Guru mengingatkan kembali persamaan garis lurus.
  • Lurus dengan gradien tertentu dan melalui titik tertentu
  • Guru menginformasikan metode pembelajaran

 

Kegiatan Inti

  • Guru mengingatkan kembali persamaan garis lurus y – y1 = m ( x – x 1  )
  • Menjelaskan garis lurus yang melalui (x1, y1) dan (x2, y2) maka kemiringan (gradien = m) =
  • Guru menjelaskan persamaan garis yang melalui 2 titik adalah y – y1 = (x – x1)

·         Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (kelompok A,B,C) untuk     mendiskusikan materi yang telah ditentukan guru.

·         Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.

·         Kelompok A memberikan pertanyaan untuk dijawab kelompok B dan C,begitupun seterusnya.

·         Guru memberikan soal kepada siswa

 

 

 

Kegiatan Penutup

Bersama-sama siswa dan latihan bagi siswa

 

Pertemuan Keempat

Kegiatan pendahuluan

  • Guru mengingatkan kembali persamaan garis lurus melalui 2 titk
  • Guru memotivasi pentingnya tujuan pembelajaran

 

Kegiatan Inti

  • Mengingatkan kembali persamaan garis lurus dengan gradien tertentu dan melalui 1 titik tertentu
  • Menerangkan titik potong 2 garis lurus

·         Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (kelompok A,B,C) untuk     mendiskusikan materi yang telah ditentukan guru.

·         Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.

·         Kelompok A memberikan pertanyaan untuk dijawab kelompok B dan C,begitupun seterusnya.

·         Guru memberikan soal kepada siswa

 

Kegiatan penutup

Mengarhkan siswa untuk membuat kesimpulan mengenai konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah

 

  1. H.    Sumber Belajar

Buku paket kelas VIII semester 2

Buku LKS matematika kelas VIII semester 2

 

  1. I.       Penilaian
  • Jenis tagihan                : Tes Formatip dan Laporan
  • Bentuk tagihan            : Tes Uraian Dan Presentasi Laporan
  • Contoh tagihan           :
  1. Tentukan gradien garis yang melalui 2 titik berikut

a)      (2,1) dan (-2, 3)

b)      (1, 2) dan (4, -1)

  1. Tentukan persamaan garis yang melalui titik (2,3) dengan gradien 4
  2. Tentukan persamaan garis yang melalui 2 titik (4,2) dan (1,4)
  3. Tentukan titik potong garis lurus y = 3x + 2 dan y = x – 4
  4. Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan keliling 44 m. Selisih panjang dan lebar adalah 6 m. Berapa panjang dan lebar lapangan tersebut?

 

 

Mengetahui                                                       ……………., …………..2010

Kepala SMP                                                                    Guru Mapel

 

 

 

(…………………………)                                            (…………………………….)

NIP:                                                                            NIP:

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s