BBM Naik, Jumlah Orang Gila Bisa Bertambah

Pendapat ini mungkin terlalu ekstrem, tapi bukan tak mungkin akan terjadi. Jika pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), jumlah orang gila di Indonesia diprediksi akan bertambah. Loh, apa hubungannya?

Menurut Wakil Ketua DPRD Kalteng Arief Budiatmo, penaikan harga BBM akan membuat kehidupan warga kian sulit. Harga-harga bahan pokok akan melambung, sementara penghasilan tak berubah. Akibatnya, daya beli semakin rendah.

Apalagi setelah menaikkan BBM, pemerintah berencana menaikan tarif dasar listrik (TDL) mencapai 60 persen. Meskipun itu diberlakukan bertahap,  tapi pastinya akan mengalami kenaikan. Tingkat stres warga akan semakin meningkat. Masyarakat sudah terjepit dengan adanya kenaikan BBM, akan kian terjepit dengan adanya kenaikan TDL. “Jangan heran kalau di Indonesia nantinya akan banyak di bangun rumah sakit jiwa (RSJ). Sebab jumlah orang gila akan bertambah,” kata Arief, Rabu (14/3).

Jumlah warga miskin di Indonesia juga akan bertambah. Seiring dengan penaikan BBM, masyarakat Indonesia yang sebelumnya masuk katergori setengah miskin, dengan sendirinya akan meningkat menjadi miskin. Bahkan dampak nyadari penaikan BBM itu, jumlah warga miskin bisa mencapai 50 persen.

Sebagai antisipasi, Arief meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalteng maupun kabupaten/kota segera melakukan operasi pasar. “Sebelum terjadinya kenaikan BBM, Diperindag harus segera laksanakan operasi pasar,” kata Arief.

Operasi pasar itu untuk melihat seberapa kenaikan harga bahan pokok, baik sebelum maupun sesudah kenaikan. Kenaikan BBM ini akan menimbulkan efek yang begitu besar bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ia juga mengimbau seluruh pedagang, agar menjelang kenaikan ini dapat menaikan harga barang secara manusiawi. Mislanya jika yang sebelumnya dengan uang Rp100 ribu bisa membeli 3 barang, dengan adanya kenaikan itu, uang Rp100 ribu itu minimal bisa membeli 2,5 barang. “Memangnya pemerintah kita ini menginginkan rakyat yang ada ini untuk terus memakan beras miskin (Raskin) semua,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s